SELAMAT DATANG DI MEDIA INFORMASI UMAT LINGKUNGAN TARSISIUS TAMAN UTARA PAROKI MARIA MARGANINGSIH KALASAN ----> SEMUA INFORMASI TERBARU SELALU AKAN MUNCUL PADA GAMBAR SLIDE UTAMA

Pertemuan BKSN minggu 3 : Yesus, Sabahat Bagi Mereka yang Menderita

 



  Bapak Ibu, adik adik Umat Tarsisius yang terkasih dalam Tuhan Yesus, Pada Minggu BKSN yang ke 3 tema yang diambil " Yesus, Sahabat bagi mereka yang Menderita"

  Pandemi Covid 19 bukan sekedar masalah kesehatan, melainkan juga masalah ekonomi yang merampas penghasilan banyak orang  Banyak yang terhimpit masalah ekonomi bahkan sampai kehilangan pekerjaan ataupun usaha yang tidak bisa lagi beroperasi.

  Marilah kita bersama sama merenungkan tema yang diambil pada minggu ini bahwa Yesus selalu menjadi sahabat kita disaat kitapun menderita, kita simak video renungan dibawah ini yang dibawakan oleh Bapak Palguno. 


             ( Klik untuk Menonton video ini) 

  Pada pertemuan ketiga ini, kita diajak mendalami, merenungkan dari perikop Injil Lukas tentang perunaan orang Samaria yang baik hati pada Lukas 10:25-37. Melalui orang samaria, kita diajak melihat sosok Yesus sebagai sahabat bagi mereka yang menderita karena dianiaya, ditolak oleh masyarakat. Kitapun diajak untuk meneladani Yesus yang peduli dan memperhatikan dengan penuh kasih sayang orang orang yang menderita dan tersingkirkan. 

     Diskusi dan Berbagi Pengalaman pada malam ini berlangsung sangat meriah dan mendalam yang di bawakan oleh Bapak Paulus Hari Sutanto. Beberapa rangkuman pada malam ini antara lain: 

1. Sikap Belas kasihan tidak berarti merasa kasihan, melainkan sebuah tindakan nyata berbela rasa. Kasih yang tulus sifatnya memberi, tanpa mengharapkan balasan; menolong karena mengetahui bahwa orang tersebut membutuhkan pertolongan.

2. Perikop ini mengatakan bahwa perbuatan belas kasih ada empat belas macam, tujuh bersifat rohani dan Tujuh lainnya bersifat jasmani. 

Tujuh perbuatan kasih yang bersifat rohani 

adalah:

 Membawa orang yang berdosa kepada 

pertobatan

 Mengajar mereka yang tidak tahu

 Menasehati orang yang bimbang

 Menghibur orang yang berduka

 Menerima kesalahan dengan sabar

 Mengampuni kesalahan orang lain

 Mendoakan orang- orang yang masih hidup 

dan yang sudah meninggal.


Tujuh perbuatan kasih yang bersifat jasmani 

adalah:

 Memberi makan orang yang lapar

 Memberi minum orang yang haus

 Memberi pakaian kepada orang yang tidak 

berpakaian

 Memberi tumpangan kepada yang tidak mempunyai tempat tinggal

 Mengunjungi orang sakit

 Mengunjungi para tahanan di penjara 

Mengubur orang yang meninggal dunia.


 Demikian Bapak Ibu renungan dan diskusi BKSN pada minggu 3 ini, sebagai penutup marilah kita simak sapaan dan renungan singkat dari Romo Ambrosius Wagiman Wignya Sumantara dari Paroki Ignatius Danan, Wonogiri



           ( Klik untuk Menonton video ini) 


Maturnuwun

Berkah Dalem


(GI) 

No comments

Emoticon : :) :( =( ^_^ :D =D |o| @@, ;) :-bd :-d :P :kak:

Powered by Blogger.